Rabu, 25 Agustus 2010

Bagaimana Caranya Berdoa dan Berdzikir Menurut Al-qur’an | Mbak Ulfa [dot] Com

Bagaimana Caranya Berdoa dan Berdzikir Menurut Al-qur’an | Mbak Ulfa [dot] Com

Untuk menggapai berkah ramadhan salah satunya adalah dengan memperbanyak berdoa. Terserah doa apa saja yang kita panjatkan pada Allah SWT, misalnya: berdoa supaya diberi kekuatan iman, diampuni segala dosa, yang sakit supaya cepat sembuh, yang punya hutang supaya segera bisa membayar hutangnya, berdoa minta jodoh, minta kaya, minta pintar dan lain-lain. Memang tak ada salahnya kita memohon dan berkeluh kesah padaNya, kalau tidak bersandar pada Allah memangnya ada yang lebih Maha Segala dariNya? Jawabannya: TIDAK. Hanya Allah SWT satu-satunya Dzat Yang Rochman dan Rochim terhadap makhlukNya. Allahlah Dzat Yang Maha Segala-galanya, Maha Suci Allah.

Dibulan penuh rahmat dan ampunan ini, doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, Ada tiga orang yang doa mereka tidak ditolak Allah SWT yaitu:

  1. Orang yang berpuasa sehingga ia berbuka
  2. Imam yang adil
  3. Orang yang terdholimi

mereka kelak akan diangkat Allah SWT diatas awan dan dibuka untuknya pintu-pintu langit. Dan Allah SWT berfirman: “Demi izzahku, sungguh aku akan menolongmu walaupun setelah beberapa saat”. (H.R. Ahmad & At-tirmidzi)

Dalam ceramah sholat tarawih yang saya ikuti tadi malam, pak ustad menjelaskan Bagaimana Caranya Berdoa dan Berdzikir Menurut Al-qur’an. Hal ini telah dijelaskan dalam beberapa firman Allah SWT sebagai berikut:

  1. QS. Al-A’raf ayat 55 . ”Berdoalah pada Tuhanmu dengan merendah diri dan tersembunyi, karena sesungguhnya ia tidak suka kepada orang-orang yang melewati batas”
  2. QS. Al-A’raf ayat 205. ”Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai”
  3. QS. Al-Hujurat ayat 2. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu angkat suara-suara kamu lebih daripada suara Nabi dan janganlah kamu keraskan omongan kepadanya, sebagaimana sebahagian kamu keraskan terhadap sebahagian karena khawatir akan gugur amal-amal kamu, padahal kamu tidak sadar”.
  4. QS. Thoha ayat 7. “Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa-apa kehendakmu (rahasia) dan yang lebih tersembunyi”.

Mumpung kita masih berada di bulan ramadhan, dan berdoa adalah senjata bagi orang mukmin. Mari kita buktikan kekuatan doa dengan tak segan-segan memohon pada Ilahi Robbi dengan suara lembut, penuh rasa tawadhu’ (merendah diri), penuh rasa takut, berharap sungguh-sungguh akan diterimanya doa kita dan istiqomah. Insyaallah apa yang menjadi kehendak saya dan anda semua dikabulkan oleh Allah SWT..amiin allahhumma amin :-)

Tidak ada komentar: